Selasa, 10 Mei 2016

sistem sirkulasi kolam renang/pumbling sistem kolam renang

Edit Posted by with No comments
Yang dimaksud dengan System Sirkulasi Kolam Renang adalah meliputi System Instalasi Mekanikal, Elektrikal, dan Pemipaan pada Kolam Renang.
Sebelum membangun kolam renang, selain merancang Struktur, Finishing, Arsitektur, atau desain kolam renangnya, yang sangat fital adalah Merancang Systemnya agar pada perawatan air nya nanti tidak hanya tergantung pada Chemycal (obat-obatan) saja.
Jadi, dalam merancang system kolam renang diperlukan hitung-hitungan yang matang agar tercapai system sirkulasi air yang baik dan efisien dalam pengerjaan maupun perawatannya nanti.
Tentukan dahulu System Sirkulasi Kolam Renang apa yang akan diterapkan,
System Sirkulasi Kolam Renang terbagi dalam dua macam system, yaitu :

1. System Over Flow pada kolam renang
Yang dimaksud dengan System Overflow  yaitu air kolam renangnya melimpah, baik itu pada salah satu sisi maupun keseluruhannya.
Air kolam yang melimpah tersebut tumpah kedalam saluran yang berada di sisi luar kolam, atau yang biasa disebut Gutter Overflow.
Dalam System Overflow diperlukan adanya Balancing Tank.
Jadi, air kolam yang melimpah masuk kedalam Balancing Tank melalui pipa dari Gutter Overflow, kemudian air dari Balancing Tank dihisap masuk ke Pompa lalu masuk kedalam Sand Filter dan air balik lagi masuk kedalam kolam melalui Inlet Fitting, begitu seterusnya.
Apabila hujan maka air kolam dan Balancing Tank melimpah, sehingga diperlukan adanya pipa saluran pelimpahan yang menuju saluran pembuangan, posisi saluran pembuangan haruslah lebih rendah dari posisi pipa perluapan Balancing Tank.





2. System kolam renang  Skimmer
Yang dimaksud dengan System Skimmer  yaitu air kolam renangnya tidak melimpah.
Jadi, dinding kolam renang harus di desain lebih tinggi dari elevasi air.
Pada kolam renang System Skimmer  tidak diperlukan Balancing Tank namun memakai Box Skimmer.
Box Skimmer berfungsi agar kotoran-kotoran yang mengambang di air masuk kedalam keranjang yang terdapat pada Box Skimmer sehingga air yang terhisap ke pompa tidak terdapat kotoran, dan bisa juga sebagai tempat menaruh Kaporit Tablet.
Box Skimmer berfungsi sebagai penyeimbang elevasi air kolam renang.
Box Skimmer juga berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan selang Vacuum pada saat pembersihan atau perawatan air kolam renang.


0 komentar:

Posting Komentar